Tentang Kami

Dekranas adalah Organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni  guna  memayungi  dan mengembangkan produk kerajinan dan pengembangan usaha  tersebut dan berupaya meningkatkan kesejahteraan pelaku usahanya yang sebagian merupakan pelaku IKM dan UKM.

Landasan dibentuknya DEKRANAS adalah adanya kesadaran akan kelangsungan hidup dari kerajinan yang menopang kehidupan berjuta-juta keluarga yang dihadapkan pada kemajuan teknologi industri di satu sisi dan pelestarian nilai budaya bangsa yang harus tercermin dalam produk kerajinan, maka dipandang perlu adanya wadah parsipasi masyarakat bertaraf nasional yang berfungsi membantu dan sebagai mitra pemerintah dalam membina dan mengembangkan kerajinan. Yang dibentuk dengan Surat Keputusan Bersama 2 Menteri, yaitu Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor: 85/M/SK/3/1980 dan Nomor: 072b/P/1980, tanggal 3 Maret 1980 di Jakarta. Sedangkan untuk organisasi Dekranas ngkat daerah (DEKRANASDA) payung hukumnya  adalah  Surat  Menteri Dalam Negeri Nomor : 537/5038/Sospol, tanggal 15 Desember 1981 yang Kepengurusan DEKRANASDA dikukuhkan oleh Ketua Umum DEKRANAS atas usulan daerah.

Khusus DEKRANASDA Kota Singkawang pembentukannya berdasarkan Surat Keputusan DEKRANASDA PROV KALBAR Nomor 06/DEKRANKB/SK/IV/2009 tentang Pengukuhan pengurus DEKRANADAS Kota Singkawang masa Bak 2008-2013 (periode pertama) dengan Ketua Ny.Elisabeth Majuyey Hasan Karman dan Wakil Ketua Ny. Hj. Sulha Edy R. Yacoub, M.Si serta Walikota dan Wakil Walikota Singkawang sebagai Penasehat. Selanjutnya seiring dengan perganan kepemimpinan Walikota Singkawang maka kepengurusan Dekranasda Kota Singkawang berganti. Pada periode selanjutnya 2013-2017 (periode kedua) dilank berdasarkan Surat Keputusan Dekranasda Provinsi

Kalimantan Barat Nomor 19/DEKRAN-KB/SK/VIII/2013 yang mana telah dirubah dengan Surat Keputusan Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Nomor 87/DEKRAN-KB/SK/V/2015 dengan Ketua Ny. Hj. Agustina Abdul Muthalib. Estafet kepengurusan selanjutnya berada di bawah kepemimpinan saya Ny. Hj. Juli Wahyuni Irwan, S.Sos, M.Si berdasarkan Surat Keputusan Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat Nomor 22/DEKRAN-KB/SK/XII/2017 tentang Pengukuhan pengurus DEKRANASDA Kota Singkawang periode  2017-2022 (periode ketiga).

VISI

Dekranasda Kota Singkawang menjadi Lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia.

MISI
  • Menyiapkan regenerasi Sumber Daya Manusia / Perajin yang  unggul   dan  menggali,  melestarika n dan mengembangkan warisan tradisional dan budaya bangsa;
  • Meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi, kreatifitas dan efisiensi.
  • Meningkatkan hubungan kemitraan dan kerjasama dengan lembaga nasional dan internasional di bidang industri kerajinan.
PROGRAM KERJA
  1. Menetapkan Sekretariat Dekranasda Kota Singkawang di Mess Daerah yang sekaligus menjadi galeri kedua Dekranasda Kota Singkawang
  2. Bimbingan dan Penyuluhan perajin Kota Singkawang
  3. Pengembangan Bak Singkawang
  4. Pameran Inacra dan Parsipasi HUT Dekranas
  5. Pembuatan Web Dekranasda Kota Singkawang
  6. Membantu menangani hambatan-hambatan yang menyebabkan pelaku usaha IKM Kerajinan/Seni dan Budaya lebih berkembang dimasa yang akan datang seper membantu pemasaran, membantu mencarikan Bapak Asuh berupa CSR/pihak kega, membantu mencarikan alternaf ketersediaan bahan baku, membantu desain produk dan kemasan produk kerajinan sesuai selera pasar dan lain sebagainya dengan tetap melibatkan dinas teknis terkait di Kota Singkawang, BUMN, BUMD, Akademisi dan Swasta Lainnya.